Jogja istimewa!



Dari dulu gue jatuh cinta banget sama kota ini. Ketika gue pertama kali nginjakkan kaki di jogja, gue jatuh cinta. apasih yg spesial dari jogja?

Banyak.

Kalo gue ceritain satu persatu disini ga bakalan kelar. Jogja punya sejuta keistimewaan, sangat pantas disebut jogja istimewa.

Asal-usul gue kenapa bisa nyasar ke jogja, karena gue ikut test sekolah kedinasan. Di kaltim ga ada tempat testnya jadi gue pilih jogja sebagai tempat test gue. Sekaligus gue pulang kampung ke solo, tempatnya keluarga bapak gue karna udah 18 tahun ga pulang kampung. Hiks.

Gue ga lolos test, gue buruan ke solo naik kereta sendirian.

Sampe di stasiun purwosari solo hp gue mati, ga punya powerbank, ga hapal no hp temen gue yg mau jemput, lengkap penderitaan.

Gue nyari-nyari kertas kecil yg isinya no hp temen gue, untungnya gue ga bodo amat sebelum berangkat nulis no hp temen di kertas kecil. Gue nyari orang yg mukanya baek. Gue nemuin seorang perempuan duduk sendirian pake masker, berjilbab dan bawa barang banyak banget.

Gue beraniin diri minjem hpnya buat ngehubungin temen gue. Mbak bejilbab tsb ngebolehin gue minjem hpnya dan kita ngobrol panjang lebar. Sebelum gue pergi, gue minta id linenya. Namanya Hani.

Gue seneng bisa ngumpul sama keluarganya bapak gue, bisa ketemu mbah kakung dan mbah putri, gue selfie sama kedua mbah gue, gue terharu banget lah pokoknya kayak ga nyangka aja bisa ke rumah mbah. Gue ngobrol sama mbah gue walaupun aslinya gue ga terlalu paham karna mereka pake bahasa jawa (karna bahasa jawa itu ada tingkatannya, semakin ngomong pake bahasa jawa halus semakin gue ga ngerti wkwk).

Singkat cerita, gue ke rumah pakde dan om gue yg di solo dan gue disarankan untuk netap di solo aja ga usah di jogja. Awalnya gue mau, ibu juga dukung banget.

Gue balik ke jogja ambil barang dan balik ke solo.

Gue lamar kerja sana sini di solo tapi emang bukan rejeki gue jadinya gue hampir sebulan di solo dengan status pengangguran. Gue stress. Gue benci diem di rumah doang makan – tidur - nyuci piring - nyuci baju - nonton tv - repeat.

Akhirnya gue diem-diem ga bilang ke ibu gue kalo gue balik ke jogja. Gue bawa baju seadanya doang dan gue balik ke rumah sepupu gue yg di sleman. Gue nyari kerja sana sini di jogja, lamar sana sini, interview sana sini. Dapet sih banyak tapi gue harus pinter-pinter nyaring pekerjaan. Karna kerja itu bukan Cuma kerja doang, hati juga harus seneng ngejalaninnya. Ikhlas.

Ibu tau kalo gue ke jogja lagi dan gue kena semprot hahahaha yaaa gue mencoba untuk ngejelasin semuanya ke ibu biar ga salah paham. Kalo ibu disini, tak ajakin minum kopi biar ga salah paham. Apasih wkwk.

Akhirnya gue dapet kerja yg bener-bener gue suka banget.

3 hari gue masuk kerja tiba-tiba gue ditelpon ibu gue kalo mbah kakung gue meninggal. Gue shock..
Sebelumnya gue emang sudah ada firasat, gue mimpi 2 malem berturut-turut. Di dalem mimpi gue itu rambut gue dipotong tapi gue gatau siapa yg motong rambut gue. 

Yaa gue sih berdoa semoga ga kenapa-napa.

Next, ibu gue bilang kalo bapak gue bakalan ke jogja trus barengan ke solo gitu. Besoknya gue sama bapak gue ketemuan di airport adisucipto trus naik travel ke solo. Gue liat raut wajah bapak gue lagi sedih gitu tapi berusaha tegar.

Gue juga sedih pak, baru sekali ketemu mbah sudah dipanggil Allah..

Sesampainya kami di klaten, gue kayak orang bego. Pokoknya mata udah sembab nangis semaleman, nangis lagi pas di rumah mbah, muka gue udah pucet karna belom makan pokoknya ga banget deh kalo diliat.

Gue nangis muluk tiap di rumah mbah jadi gue lebih milih untuk ngungsi ke rumah pakde gue, sebelum dimakamkan ada adatnya gitu yaaa gue ngikut aja dan gue disuruh cium mbah gue. Gue takut, Cuma bapak gue udah melotot jadinya gue nyium mbah dikit wkwk.

Gue liat mbah putri gue sedih banget gitu dia meluk gue. Gue nangis lagi. ah pokoknya nangis terus.
Gue nginep semalem di rumah sepupu gue yg di solo dan balik ke jogja.

Gue ngejalanin aktivitas gue seperti biasanya.

Karna gue ga punya kendaraan jadi gue nyari kost biar deket kalo kerja. siang bolong hari jumat gitu gue nyari kost di daerah kledokan-seturan sendirian jalan kaki.

Gue dapet kost di rumah pak rw 02 mundu. Tapi oper kost gitu. sebulan 350rb tapi bayarnya pertiga bulan. Akhir november gue nempatin kost tsb.

Karna gue ga punya barang apa-apa jadinya mba kost yg ngoper kost ke gue itu ngasih kasur, rak piring, dan gelas. Gue senenglah pastinya, alhamdulillah ternyata masih ada orang baik. Mba kost tsb namanya mba wuri.

Temen kost samping gue itu ngasih bantal ke gue, kita ngobrol bareng, pokoknya semuanya bareng. Mba laras namanya tapi sering gue panggil cicik. Dia beda 3 tahun sama gue tapi udah kayak sodara banget lah. Kalo gue lagi kereeeeeee banget gue dibeliin makan lah dll.

Gue ngenikmatin hari-hari gue sampe akhirnya sekitar akhir november 2015 gue dikasih kabar sama ibu gue kalo mbah putri gue meninggal. Gue down banget.

Waktu itu cicik lagi ke wonosobo jadinya gue bener-bener sendirian. Gue down, stress lah.
Gue sholat, nangis sejadi-jadinya sampe jam 2 malem. Gue gatau harus cerita ke siapa lagi selain Allah swt. gue belom sempet ngasih apa-apa ke mbah kakung dan mbah putri. Gue rencananya lebaran mau ngumpul bareng keluarga yg di solo, gue rencananya pengen ngasih oleh-oleh ke mbah gue kalo gue gajian. Hancur semua rencana gue.

Gue langsung ke solo dan gue ga sempet liat mbah putri gue karna udah dimakamkan.

Gue balik ke jogja lagi, gue berusaha beranjak dari kesedihan-kesedihan gue yg bisa bikin gue gila diwaktu muda.

Gue dihibur cicik tiap hari, gue bersyukur banget dapet temen kost yg baiknya kek dia walaupun kadang nyebelinnya ngalahin mba gue sendiri.

Pokoknya gue ngejalanin suka duka gue di Jogja, ya itu sudah pilihan gue jadi gue harus bisa kuat. Walaupun orang tua sudah nyuruh balik ke bontang, tapi gue masih ogah balik.

Sampai pada akhirnya...

Akhir desember gue dapet cobaan lagi dari Allah Swt dan jalan satu-satunya ya gue harus pulang ke bontang. Gue nangis lagi. mungkin sudah waktunya gue untuk pulang deh kali ini..

Gue curhat ke mba hani dan dia pun nyupport gue. Gue makin mbulet mau pulang bontang akhir januari. Gue nyiapin segala macem, gue nyempetin jalan-jalan dulu wakakakak ya kapan lagi gue bisa ke jogja? Ya kalo umur gue panjang..

e-tiket dah di tangan, gue makin ga rela ninggalin jogja.

H-2 gue balik, mbahnya cicik yg di palembang meninggal. Cicik langsung ke palembang hari itu juga. Otomatis dia ga jadi nganter gue ke bandara, gue makin sedih.

Ada ajaaaa cobaannya..

Gue pelukan ama cicik sore itu juga, betapa sayangnya gue ama lo cik.

Hari h gue balik gue sedih makin makin. Indah temen gue yg nginep di kost gue pun sedih, padahal dia mah bisa balik bontang kapan aja. alay juga.

Gue pamitan ke bapak ibu kost, temen kost.

Mba hani sama indah nyusul ke bandara, gue ama sepupu duluan ke bandara.

Kita selfie di depan bandara untuk terakhir kalinya. Betapa sayangnya gue ama lo, han. Kalo ga ada lo, gue di jogja jadi apaaaa.

Ini makanannya serba jamur, enak banget!

@ Alun-alun kidul

Pas banget malem HUTnya Jogja

Aan yg sering bantuin gue selama di jogja, waktu itu nonton hotel transylvania 2 yak?

@ The park Surakarta

Ini nih namanya mba hani, mahasiswi UII semester 4

Gue nyuruh mba-mba depan gue buat fotoin, kapanlagi?

Cicik! yg doyan banget ama kucing hih 

@ Pantai parangtritis 

Bareng sepupu yg rada koneng

Ini pas gebyar dirgantara di Lanud Adisujipto, kece!

Ngecamp di pantai drini


@ Candi prambanan

@ Candi borobudur

@ Hutan pinus

@ Kebun buah mangunan


Ini waktu gue bantuin cicik buat project video clipnya, cafenya oke banget lah!

Salah satu makanan kesukaan gue yg ga ada di bontang! ayam preksu!

@ Taman sari



buluk banget dah bodo amat



Komentar

Postingan populer dari blog ini

4cm